Sabtu, 29 Desember 2012

Countable Noun and Uncountable Noun


Countable Noun (kata benda yang dapat dihitung)
Countable Noun merupakan kata benda yang dapat dihitung dengan angka dan dapat dihitung dengan jelas jumlahnya. Contoh: Book (buku), people (orang), chair (kursi), door (pintu), doll (boneka) dan lain-lain.
Ciri countable noun adalah:
a.   Dapat menjadi plural (jamak)
Book – books (buku-buku), door – doors (pintu-pintu)
b.   Pemakaiannya dapat disertai artikel “a” / ”an” / ”the
      An umbrella (sebuah payung), a girl (seorang gadis), the earth (bumi)
c.   Dalam bentuk plural, countable noun dapat disertai dengan pemakaian: some/any (beberapa), all of (semua), none of (tak satupun), both of (keduanya), few (beberapa)
d.   Dalam bentuk singular (tunggal), countable noun diikuti oleh Verb (s/es) atau To Be (is/was).[1]

Uncountable Noun (kata benda tak terhitung)
      Uncountable Noun merupakan kata benda yang tak dapat dihitung. Uncountable Noun meliputi material Noun (kata benda bahan dasar) dan abstrak noun (kata benda abstrak. Contoh: water (air), milk (susu), sugar (gula), meat (daging), paper (kertas), blood (darah) dan lain-lain.
      Ciri Uncountable Noun adalah:
a. Selalu dalam bentuk tunggal (singular). Hanya dapat dirangkaikan dengan artikel “the”. The sugar, the water, the sand.
b.   Dapat disertai dengan pemakaian some/any (sedikit), much (banyak), a lot of (banyak), plenty of (banyak), a great deal of (banyak).
c.   Uncountable Noun dapat diubah menjadi Countable Noun yaitu dengan cara menambahkan “Quantifier” (kata penunjuk kuantitas atau (ukuran). Misalnya: a piece of paper (selembar kertas), a glass of water (segelas air), a gram of gold (se-gram emas) dan lain-lain.[2]
Selain countable dan uncountable noun seperti yang diatas, juga ada bentuk ketiga, yang dalam bahasa Inggris lazim disebut mixed noun. Mixed Noun ialah kelompok kata benda yang bisa berfungsi sebagai countable atau sebagai uncountable noun, tergantung pada konteks kalimatnya (tentu saja artinya menjadi berbeda).
Misalnya saja, kata wood bila digunakan sebagai countable noun artinya hutan: There are still many wood in Sumatra (masih banyak hutan di Sumatra). Namun bila digunakan sebagai uncountable noun artinya kayu atau bahan kayu: This chair is made of wood (kursi ini terbuat dari kayu).[3]



[1] Dina Wahyuni, Op. Cit.,  hlm. 26.
[2] Ibid., hlm. 27-28.
[3] Rachmat Taufiq Hidayat, Op. Cit.,  hlm. 8.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar