Rabu, 26 Desember 2012

Teks pidato Isra mi'raj anak


Assalaamu’alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh
Alhamdulillahirabbil ‘aalamin
Wassholaatu wassalaamu ‘ala asyrofil ambiya iwal mursaliin
Sayyidina wa maulana muhammadin wa ‘ala aalihi wasohbihi ajma’in, amma ba’du.
Yth. Ibu Kepala TPA Al-Ikhlas
Yth. Ustadz dan Ustadzah TPA Al-Ikhlas
Yth. Bpk/Ibu Wali Santri dan para undangan, serta teman-teman yang berbahagia.
Pertama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmatnya sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat.
Kedua, sholawat serta salam tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang yakni Islam, Iman dan Ihsan.
Teman-teman yang berbahagia.
Tahu tidak apa itu Isra mi’raj? Ayo kita kaji apa sih Isra Mi’raj itu. Isro’ secara bahasa berasal dari ‘saro’ bermakna perjalanan dimalam hari. Kalau menurut istilahnya yaitu perjalanan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama Jibril dari Mekkah ke Baitul Maqdis atau sekarang ini disebut Palestina lo teman-teman.
Kalau mi’raj tau tidak? Mi’raj menurut bahasa yaitu suatu alat yag dipakai untuk naik. Kalau menurut istilahnya yaitu bermakna tangga khusus yang digunakan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk naik dari bumi menuju ke atas langit. Nah, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam naik itu bukannya naik tangga atau pesawat. Tapi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam naik ke atas punggung Buraaq. Apa itu Buraaq? Lawan kata baik? Ooohhh, itu buruuukkk… Buroq itu hewan putih yang panjang, lebih besar dari keledai dan lebih kecil dari baghal/kuda besar. Di dalam buku hadits-hadits, buroq ini digambarkan sebagai kuda putih yang sangat indah.
Teman-teman, di dalam Alqur’an Allah mengisahkan cerita Isra mi’raj dalam surat Al-Isra ayat 1. Hafal tidaak?? Ayo sama-sama membacanya.

z`»ysö6ß üÏ%©!$# 3uŽó r& ¾ÍnÏö7yèÎ/ Wxøs9 šÆÏiB ÏÉfó¡yJø9$# ÏQ#tysø9$# n<Î) ÏÉfó¡yJø9$# $|Áø%F{$# Ï%©!$# $oYø.t»t/ ¼çms9öqym ¼çmtƒÎŽã\Ï9 ô`ÏB !$oYÏG»tƒ#uä 4 ¼çm¯RÎ) uqèd ßìŠÏJ¡¡9$# 玍ÅÁt7ø9$# ÇÊÈ  
Artinya:  Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.

Teman-teman, perjalanan Isra Mi’raj nya banyak hal yang ditemui Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dalam perjalanannya, beliau menemui suatu kaum yang menanam benih dan langsung tumbuh serta panen dihari itu juga. Tahu ngga siapa kaum itu teman-teman? Itu adalah para mujahid fi sabilillah, orang yang mati di jalan Allah. Terus beliau juga mencium bau wangi semerbak. Itu adalah bau wanginya Masyithoh. Tau ngga siapa masyithoh itu teman-teman? Masyithoh adalah istri Fir’aun yang beriman kepada Allah hingga ajal menjemputnya. Masyithoh dihukum oleh Fir’aun karena tidak mengakuinya tuhan, dihukumnya dimasukkan kedalam kuali yang berisi minyak panas loh teman-teman…
Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu sekelompok kaum yang menghantamkan batu besar ke kepala mereka sendiri sampai hancur dan berulang-ulang. Tau ngga siapa kaum itu? Mereka adalah manusia yang merasa berat untuk melaksanakan kewajiban shalat. Naaah,, ayoooo siapa yang suka malas dan tidak shalaattt????
Selanjutnya, diperjalanan ada yang memanggi beliau dari kanan dan kiri. Tapi beliau tidak memperdulikannya. Karena apa teman-teman? Itu adalah panggilan yahudi dan nasrani. Kalau saja Nabi kita menjawab panggilan itu, niscaya umat beliau akan menjadi yahudi dan nasrani lo teman-teman. Kemudian ada seorang wanita dengan perhiasan di tangan dan tubuhnya, menghadap dan memanggil Nabi. Tapi Nabi tidak menolehnya. Tau ngga siapa wanita itu? Itu adalah dunia. Kalau saja Nabi memilih wanita itu, maka umat Nabi akan lebih memilih dunia daripada akhirat. Setelah itu beliau sampai di baitul maqdis dan shalat disitu dan ditawari dua bejana yang berisi khamar dan susu. Beliau lantas memilih susu. Kalau saja beliau memilih khamar, bisa-bisa jadi pemabuk semua umat Nabi zaman sekarang ini. Ya ngga teman-teman?
Nah, itu adalah perjalanan isra. Sedangkan mi’rajnya beliau menaiki buroq, teman-teman.
Di langit pertama, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu Nabi Adam.
Langit kedua, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu Nabi Isa dan Yahya.
Langit ketiga, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bertemu Nabi Yusuf.
Langit Keempat, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu Nabi Idris.
Langit kelima, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu Nabi Harun.
Langit keenam, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu Nabi Musa.
Langit ketujuh, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu Nabi Ibrahim.
Terus, Allah mewajibkan Nabi shalat 50 shalat sehari semalam. Nabi pun meminta agar keringanan dan akhirnya jadilah 5 shalat sehari semalam. Ayo teman-teman, bersyukurlah kita dengan melaksanakan shalat 5 waktu. Jangan pada bolong-bolong ya shalatnya.
Nah jadi teman-teman, apa hikmah ini semua?
Yang pertama, terbukti dengan jelas kasih sayang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umatnya, ketika beliau meminta diringankan kewajiban shalat. Apa teman-teman sanggup shalat 50 rakaat shalat shubuh, 50 rakaat shalat zhuhur dan seterusnya????
Yang  kedua, Tingginya kedudukan shalat wajib dalam islam, karena Allah langsung yang memerintahkan kewajiban ini. Jadi teman-teman, ayo laksanakan shalat dan jangan malas ya.
Yang ketiga, Surga dan neraka sudah ada, karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melihat keduanya ketika Mi’raj. Jadi teman-teman, kalau kita shalat penuh, kalau kita berbuat baik, berbuat baik kepada teman, berbuat baik kepada orang tua dan kerabat kita, berbuat baik kepada guru-guru yang telah mengajarkan kita, berbuat baik kepada tetangga-tetangga kita, niscaya kita akan masuk ke dalam surganya Allah. Amin ya rabbal alamin. Nah, kalau kita tidak shalat,  berbuat jahat kepada teman, mengolok teman, menyakiti teman, berbuat jahat dan membuat sakit hati orangtua, tidak patuh kepada guru-guru yang telah mengajarkan kita, mengganggu tetangga kita, tentu saja akan mendapat azab Allah di neraka nantinya, naudzubillah summa naudzubillah.
Jadi teman-teman, pada peringatan Isra Mi’raj kali ini marilah kita sebagai umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerima dan mengimani tentang kebenaran Isra Mi’raj dan tidak menolak berita dan mengubah berita tersebut sesuai dengan kenyataannya. Kewajiban kita teman-teman, adalah beriman sesuai dengan berita yang datang terhadap seluruh perkara-perkara ghaib yang Allah ta’ala kabarkan kepada kita atau dikabarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Juga tidak lupa kita meneladani sifat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan cara apa teman-teman? Dengan taat dan patuh terhadap perintah orangtua kita, guru-guru kita, menyayangi teman-teman kita, sayang kepada tetangga-tetangga kita, dan semua orang islam pada umumnya.
Sekian yang bisa kami sampaikan, sedikit pantun sebelum menutup kalam,

Makan Nasi ikan Kakap
Minumnya air tempayan
Jangan lihat siapa yang cakap
Tapi lihat apa yang dikatakan

Masak Air Biar mateng
Rumah sakit banyak dokternya
Lihatlah saya yang ganteng
Ceramah dikit banyak ilmunya

Spanyol menang portugal kalah
Piala eropa siap menanti
Kalau ada kata yang salah
Jangan disimpan dalam hati

Wassalamualaikum wrwb

14 komentar: